Selasa, 12 Juni 2007

.::| ARTIKEL |::.

Membuat tombol navigasi

Sudah banyak para mahasiswa, pelajar, juga umum sekalipun sudah menguasai aplikasi ini. Namun masih banyak juga yang belum menguasai aplikasi ini. Jadi dalam pembahasan minggu ini akan saya jelaskan dengan sejelas-jelasnya agar pemula, menengah hingga tingkat mahir bisa mengikuti artikel ini.
Kali ini kita akan membuat tombol navigasi menggunakan Macromedia Flash 2004. Buka program tersebut, buat dokumen baru gunakan kombinasi tombol CTRL+N dan pilih flash document. Buat 3 layer dan beri nama kepada tiap layer tersebut. Layer 1 beri nama “script”, layer 2 beri nama “tombol” layer 3 beri nama “isi”. Kemudian pada layer “script”, klik kanan pada frame ke-15 dan pilih insert keyframe. Kemudian klik kanan lagi di frame 15 layer “script” kemudian pilih “action”. Dan akan muncul kotak action untuk mengetikkan perintah. Ketik stop(); maka akan terdapat symbol @ pada frame ke 15.

Klik frame 1 di layer “tombol”. Kemudian pilih menu Window>Common libraries>buttons. Setelah itu akan muncul kotak. Didalam kotak tersebut terdapat banyak folder yang berisikan tombol, silahkan pilih 3 tombol sesuka kamu. Setelah di tentukan, drag and drop tombol tersebut ke stage. Dan silahkan disusun menurun. Setelah 3 tombol di letakkan ke dalam stage di layer tombol frame ke 1, kemudian klik kanan tombol atas dan pilih “actions”, maka setelah muncul kotak “actions”, maka ketikkan script berikut:
on (release) {
content_mc.gotoAndStop(1);
gotoAndPlay(1);
}


Pada tombol tengah, klik kanan dan pilih “actions” kemudian ketikkan script berikut:
on (release) {
content_mc.gotoAndStop(2);
gotoAndPlay(1);
}

Pada tombol bawah, klik kanan dan pilih “actions” kemudian ketikkan script berikut:
on (release) {
content_mc.gotoAndStop(3);
gotoAndPlay(1);
}


Bila semua tombol sudah di berikan script, sekarang kamu klik kanan pada frame ke 15 layer “tombol” kemudian pilih insert frame.
Keterangan : tulisan yang ada di sebelah kiri tombol pada gambar jangan di ikutin. Itu di buat agar kamu tidak bingung. Kemudian pilih menu insert>new symbol atau gunakan kobinasi tombol CTRL+F8. kemudian pilih Movie clip dan berikan nama “content_mc” tanpa menggunakan tanda kutip. Lalu OK.
Pilih tool yang ada di sebelah kiri untuk membuat text, lalu ketik “tombol 1” di stage. Letakkan text tersebut di tengah stage. Klik kanan frame ke 2, pilih insert key frame. Setelah itu klik kiri frame ke 2 dan rubah text yang ada di stage menjadi “tombol 2”. Letakkan text di tengah stage. Klik kanan frame ke 3, pilih insert key frame, setelah itu klik kiri frame ke 3 dan rubah text yang ada di stage menjadi “tombol 3”. Letakkan text di tengah stage. Klik kanan frame ke 3 pilih “actions”. Dan berikan script stop();
Kemudian klik tulisan “Scene 1” yang terdapat pada sudut kiri atas. Setelah itu, klik layer “isi” frame yang pertama. Pilih menu Window>Library. Dan akan muncul kotak yang bernama library. Di sana terdapat beberapa icon. cari yang bertuliskan “content_mc”. Bila di temukan, drag and drop icon tersebut ke dalam stage. Lalu pilih menu window>properties>properties atau gunakan kombinasi tombol CTRL+F3. dan akan muncul kotak properties.
Isikan pada kolom instance name: “content_mc” tanpa tanda kutip. Masih di kotak properties, cari menu Colour isikan dengan alpha nilai 0%. Klik kanan di frame ke 15 layer “isi” pilih insert key frame. Klik kiri frame 15 layer “isi” dan klik kiri movie clip yang kamu buat tadi. Lalu pilih menu window>properties>properties atau gunakan kombinasi tombol CTRL+F3. dan akan muncul kotak properties, cari menu Colour isikan dengan alpha nilai 100%. Klik frame 10 di layer “isi”. Gunakan kombinasi tombol CTRL+F3 untuk memunculkan kotak properties. Pada kotak properties, pilih tween menjadi “motion”. Dan dari frame 1 s/d frame 15 akan terlihat garis panah biru tanpa bintik di frame tersebut. Kemudian untuk melihat hasil kerja kamu, gunakan kombinasi CTRL+ENTER.Bila semua tombol bisa berfungsi memunculkan text maka kamu sudah berhasil membuat tombol navigasi. Kamu bisa mengganti text “tombol 1”, “tombol 2”, “tombol 3”. Menjadi gambar agar lebih menarik.

Tidak ada komentar: